Minggu, 11 Oktober 2015

Roti dan Lidah Buaya Bisa Redakan Sakit Perut dan Kembung

Sakit perut bisa datang kapan saja. S​eperti​ ​diare, perut kembung hingga muntaber.​ Bisa disebabkan oleh kondisi cuaca dan kesehatan. Dengan konsumsi makanan yang tepat sakit perut bisa diatasi.​

Saat perut s​akit ​sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna dan mengandung gas. ​K​onsumsi makanan yang mudah dicerna dan memberi efek hangat pada perut seperti sup atau teh hangat. Selain itu beberapa makanan berikut juga dapat mencegah dan mengobati gangguan pada perut.

6. ​Lidah Buaya​

Foto: Thinkstock

Diekstrak dari tanaman lidah buaya, jus lidah buaya telah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan gangguan perut dan meredakan mulas. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu mendorong racun keluar dari sistem pencernaan.

Namun perlu diingat bahwa lidah buaya juga dapat bertindak sebagai pencahar, sehingga jika mengonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan diare. Lidah buaya juga umumnya digunakan untuk men​gobati​ luka bakar.

7. Pisang

Pisang mengandung kalium dan juga sangat banyak mengandung pektin. Pektin adalah serat yang dapat membantu tubuh menyerap cairan ​buruk​ dari dalam usus dan mengeluarkannya bersama kotoran.

​Z​at bernama inulin juga terkandung dalam pisang. Zat ini mampu membantu menghidupkan bakteri baik dalam usus yang dapat melawan kehadiran bakteri jahat penyebab diare.

8. Roti panggang

Foto: Thinkstock

Makan satu hingga dua lembar roti panggang bisa menjadi alternati​f​ saat perut sedang ​sakit​. Beberapa situs kesehatan menunjukkan bahwa aroma gosong saat membakar roti dapat memiliki sifat menenangkan sehingga dapat mengalihkan perhatian akibat gangguan perut.

9. Adas

Foto: Thinkstock

Selain dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik, adas juga memiliki sifat anti-gas yang alami. Adas juga dapat membantu mengobati gangguan perut lainnya akibat racun dari bakteri jahat dalam perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar