Kamis, 29 Oktober 2015

Bukan Toilet, Ini Tempat Paling Banyak Kuman di Pesawat

Sering bepergian menggunakan pesawat? Maka waspdalah dengan kebersihan tempat di pesawat yang satu ini. Bukan toilet, melainkan meja lipat di depan kursi pesawat.

Menurut para pakar traveling seperti dilansir situs Travel Math, ketika bepergian, bakteri dan kuman justru paling banyak menumpuk di tempat-tempat yang tidak terduga. Salah satunya adalah meja lipat.

Permukaan meja lipat ternyata menumpuk enam kali lebih banyak kuman ketimbang meja makan di rumah. Benda atau tempat lainnya yang juga menyimpan banyak kuman, adalah yang sering tersentuh berulang kali oleh penumpang yang satu ke penumpang lainnya. Seperti pengatur ventilasi udara dan sabuk pengaman.

Kenapa kuman lebih banyak bercokol di tempat-tempat tersebut dan bukan toilet? Seperti dikutip dari Shape, petugas pesawat umumnya akan lebih mementingkan membersihkan toilet karena dinilai sebagai tempat yang pasti paling kotor.

Sementara bagian dari pesawat lainnya seperti meja lipat, sabuk pengaman dan tombol lampu atau AC seringkali terabaikan. Padahal tempat tersebut juga rentan terkena bakteri karena terkena sentuhan dari tangan-tangan yang berbeda.

Akibat lebih jarang dibersihkan, kuman dan bakteri pun lebih banyak menumpuk di area ini. Untungnya, bakteri yang menumpuk pada tempat-tempat tersebut tidak termasuk yang membahayakan.

Namun untuk memastikan kebersihan dan menjaga Anda tetap higienis, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan meja lipat sebelum digunakan. Anda bisa memakai tisu basah anti bakteri dan mengelap permukaan meja. Lakukan juga hal yang sama sebelum dan setelah memasang sabuk pengaman atau mengatur tombol ventilasi udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar