Selasa, 27 Oktober 2015

Patung David dibuat oleh Michelangelo - di Kota Firenze




David adalah sebuah patung adi karya pada abad Renaisans yang dibuat antara tahun 1501 sampai tahun 1504 oleh seniman Italia, Michelangelo. Patung ini terbuat dari marmer dan memiliki tinggi 5.17 meter (17 kaki).[1] Patung ini merepresentasikan Daud, subjek yang disenangi dalam seni Firenze.[2]Awalnya patung ini diminta sebagai salah satu dari serangkaian patung nabi di sepanjang garis atap dari ujung timur Katedral Firenze, namun patung ini justru ditempatkan di alun-alun di luar Palazzo della Signorina, kursi pemerintahan sipil di Firenze, dimana patung ini akhirnya diresmikan pada 8 September 1504. Patung ini dipindahkan ke Accademia di Belle Arti di Firenze pada tahun 1873, sedangkan di lokasi asli digantikan oleh sebuah patung replika.
Patung David adalah simbol dari Kota Firenze dan merupakan karya Michelangelo yang paling terkenal. Patung ini sering disebut sebagai The David.

KOTA ini memiliki dua nama, Florence atau Firenze merupakan ibu kota dari region Tuscana di Italia. Jantung sejarah dan seni sekaligus tempat lahirnyarenaissance. Pernah menjadi ibu kota Italia mulai 1865 sampai dengan 1870. Pada 1982 UNESCO menetapkan Florence menjadi salah satu dari situs warisan dunia. Jaman di mana humanisme, seni, ilmu, agama dan kesadaran diri dijunjung tinggi.

Nama besar Leonardo da Vinci, Sandro Botticelli, Michelangelo Buonarroti, Raphael, dan Niccolo Machiavelli, Thomas More jika ditelisik membawa saya pada Florence. Nyatanya kota tua ini bak medan magnet, tetap mempesona dari dulu hingga sekarang.

Kehadiran para seniman besar tersebut tidak hanya menjadikan kota ini semakin terkenal tapi juga memberikan kontribusi tinggi. Tak hanya berdampak pada perkembangan arsitektur semata tetapi pada perkembangan musik, pendidikan, cita rasa, fashion, filsafat, agama dan ilmu pengetahuan.




















8 komentar:

  1. masuk ke dalam time tackle/ terowongan waktu koq jadi seperti manusia zaman renaisance..........antik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu makluk jenis Pitican tropus erectus Jawanicus hehehe......

      Hapus
  2. tapi banyak yang menggemari barang antik khan.......??? makin antik makin di cari dan di koleksi......jadi barang kesayangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk fosil manusia purba , setengah purba , fosil manusia moderen juga di koleksi, manusia tua juga sdh di tekin kali, kalo mati mau di koleksi krn sangking sayangnya .mau di awetin . hehehe....

      Hapus