Senin, 05 Oktober 2015

5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah

1. Suji (dracaena)

Tumbuhan dari keluarga dracaena ada banyak jenisnya dengan berbagai macam warna. Ia diketahui bisa menghisap polutan seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene.

Dracaena bisa ditaruh di atas meja dan tak membutuhkan perawatan khusus, cukup sesekali disiram.

Bila seseorang memiliki kucing atau anjing peliharaan di rumahnya perlu ekstra hati-hati karena daun tanaman beracun bagi hewan.

5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah 22. Pakis boston (nephrolepis)
Tumbuhan pakis boston mudah ditemukan di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Daunnya yang terlihat rimbun memiliki kemampuan luar biasa baik dalam menyerap polutan formaldehyde dan juga xylene.
Pakis boston dibandingkan suji namun membutuhkan perawatan yang lebih karena ia perlu rutin disiram setiap hari dan diberi pupuk sekali dalam seminggu.:
5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah 3Foto: Thinkstock





3. Anggrek Dendrobium (dendrobium)


Selain keindahannya yang sudah lama dikenal karena warna yang menarik, anggrek ternyata juga punya kemampuan yang bagus menyaring xylene. Polutan ini banyak ditemukan pada residu cat serta lem dan pada paparan tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Anggrek baik ditaruh di dalam kamar tidur karena ia menghasilkan oksigen pada malam hari.
5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah 4Foto: Thinksto

ck4. Lidah mertua (sansevieria trifasciata)

Tumbuhan hias lidah mertua juga menghasilkan oksigen pada malam hari sehingga ia bagus ditempatkan di kamar tidur. Lidah mertua bisa ditaruh pada pojok-pojok gelap untuk mempercantik ruangan.

Polutan yang diserap oleh tanaman ini di antaranya benzene, formaldehyde, trichloroethylene dan xylene.
5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah 5Foto: Thinkstock


5. Sepatu filum (spathiphyllum)
Bunga yang putih cantik dan mudah ditumbuhkan membuat tanaman sepatu filum salah satu tumbuhan yang cocok ditaruh di dalam rumah. Sepatu filum tak membutuhkan banyak paparan sinar matahari dan hanya perlu disiram secukupnya.

Racun di udara yang baik diserap oleh sepatu filum di antaranya seperti ammonia, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.
5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah 6Foto: Thinkstock




 Thinkstock

1





Tidak ada komentar:

Posting Komentar