Rabu, 08 April 2015

Kenapa Ayam Jantan Selalu kukuruyuk Saat Menjelang Pagi

AYAM jago kukuruyuk — Jika belum menjadi kebiasaan, bangun di pagi hari adalah pekerjaan yang sulit. Namun berbeda dengan manusia, ayam jantan ternyata lebih teratur untuk kukuruyuk dan bangun pada waktu tertentu menjelang pagi datang. Dari hari ke hari ayam jantan tidak pernah terlambat untuk berkokok di pagi hari. Apa yang menyebabkan ayam bisa kukuruyuk secara teratur di pagi hari? Tidak banyak yang tahu kenapa ayam bisa teratur kukuruyuk  di pagi hari. Namun para ahli menyatakan bahwa ayam mempunyai “jam alarm internal”, yang akan memberitahukan kapan saatnya ia kukuruyuk 

Jam Alarm yang ada pada ayam jago tersebut akan membantu Ayam mengantisipasi matahari terbit. Saat matahari terbit adalah saatnya ayam mencari makanan dan mempertahankan wilayahnya dari gangguan ayam lain. Kegiatan ini menjadi siklus harian yang disebut dengan circadian rhythms atau ritme sirkadian. Inilah yang terjadi juga dengan hewan-hewan lain yang memiliki siklus harian seperti burung yang bernyanyi di pagi hari.


Yang pasti ayam jago pagi pagi ber kukuruyuk  karena sehat ,bahkan sangking sehatnya kadang siang siang juga berkukuruyuk.
salam
pras

3 komentar: