Senin, 02 November 2015

Jenis Bahan Plastik untuk Kemasan Makanan dan Minuman

Jenis Bahan Plastik untuk Kemasan Makanan dan Minuman
Pertama, plastik jenis high density polyethylene (HDPE). Plastik ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol jus, susu, galon, dan sebagainya. Plastik ini sangat aman jika dipakai dan tahan lama serta mampu mencegah munculnya reaksi kimia.

Kedua, low density polyethylene (LDPE). Biasa digunakan sebagai tempat makanan dan botol yang lembut (lembek). Tetap aman digunakan sebagai pembungkus makanan karena bahan di dalamnya sukar menimbulkan reaksi kimia saat bersentuhan dengan makanan.

Ketiga, polyvinyl chloride (PVC). Plastik berbahan ini sulit didaur ulang. Bahannya cukup kuat dan tahan lama. Biasanya digunakan sebagai bahan untuk pelapis luar kabel, pipa, dan botol. Namun bahan ini jika digunakan sebagai bahan kantong kresek sangat berbahaya jika terkena atau mengenai makanan yang berminyak atau makanan panas. Bisa menimbulkan gangguna pada hati dan ginjal.

Keempat, polyethylene terephalate. Sering dipakai untuk minuman. Kemasannya biasa berwarna jernih dan transparan. Digunakan sebagai botol minuman. Plastik kemasan ini hanya baik jika digunakan sekali saja. Tidak dianjurkan menggunakannya terlalu sering karena polimer yang melapisinya dapat mengeluarkan zat seperi karsinogenik yang bisa memicu kanker. Lapisan polimer juga mudah meleleh.

Kelima, polystyrene. Bahan ini sering dipakai sebagai tempat minum, tempat kaset, tempat makan, dan tempat telur. Sifat bahan ini hanya sekali pakai. Jika digunakan sebagai pembungkus makanan panas atau berminyak bisa menimbulkan bahaya pada sistem reproduksi dan sistem syaraf.

Keenam, plypropylene. Nah, bahan plastik jenis ini sangat cocok sebagai kemasan makanan atau minuman. Sulit terjadi reaksi kimia di dalamnya jika bercampur atau ditempatkan makanan atau minuman apa pun. Bahan ini bisa digunakan sebagai botol minum bayi, tempat obat, dan lain-lain.

Nah, ulasan di atas telah menyajikan bahayanya menggunakan kantong kresek. Sebaiknya hindari menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan. Jika tidak ingin repot, gunakan wadah aman yang dibawa dari rumah. Harus selektif pula dalam menggunakan pembungkus makanan.


2 komentar:

  1. Banyak banget plastik pembungkus makanan yang cukup berbahaya dipakai buat makanan seperti gorengan dll. Saya seringkali jijik melihatnya

    BalasHapus
  2. Apalagi kalo gorengannya sdh tdk sehat ,minyaknya. ya nambah tdk sehat.

    BalasHapus