Jumat, 11 Desember 2015

Gurihnya Parende Ikan Napoleon




BUTON, KOMPAS.com - Buton sebagai daerah kepulauan tentunya memiliki berbagai hasil laut yang melimpah, seperti ikan yang masih segar.

Ikan segar ini sangat nikmat bila langsung dimasak dan diracik dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah secukupnya.

Seperti olahan hasil masakan parende ikan ala Rumah Makan Mama Jannah yang terletak di Pasar Wameo, Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro, Kota BauBau, Sulawesi Tenggara.

Menurut pemilik Rumah Makan Mama Jannah, Wa ode Sunarti, Rabu (25/11/2015), parende ikan masakannya menggunakan ikan laut yang masih segar.

“Kami masak menggunakan ikan yang masih baru (segar). Banyak jenis ikan yang kami masak seperti ikan napoleon, ikan kakap, dan ikan korapu. Ikan ini kita masak parende dan masaknya tidak sulit,” katanya.

Pengolahan parende ikan sangat mudah dan bumbu yang digunakan pun sangat mudah diperoleh di pasar tradisional seperti bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, kunyit dan jeruk nipis. Mulanya ikan segar tersebut dibersihkan sisiknya dan dipotong menjadi beberapa bagian.

“Kemudian bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dengan menggunakan blender kemudian ditumis. Setelah matang, berikan air putih secukupnya. Setelah mendidih, masukkan ikan yang sudah di potong-potong tadi ke dalam air tersebut,” jelas Sunarti.

Selanjutnya, tunggu sampai ikannya matang, sambil berikan garam dan bumbu penyedap lainnya secukupnya. Setelah matang, ikannya segera diangkat dan dipisahkan hal ini supaya daging ikan tidak lembek dan rusak.

Harga yang diberikan pun masih sangat terjangkau, untuk kepala ikan napoleon harganya Rp 50.000 per porsi, kepala ikan kakap Rp 35.000 per porsi sedangkan bagian lainnya seharga Rp 20.000 per porsi.

Seorang warga Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio, Haerudin (40), terlihat sedang menyantap kepala ikan napoleon di rumah makan tersebut.

Menurut Haerudin, parende ikan tersebut sangat nikmat dan dagingnya gurih. “Saya suka bagian kepala ikan napoleon ini. Dagingnya terasa gurih dan aroma bumbunya terasa lidah. Apalagi kalau kita makan saat masih agak panas, rasanya enak,” katanya.

7 komentar:

  1. setuju sekali brooo.......makan ikan itu sangat disarankan...bagus untuk kesehatan terutama karena mengandung omega3

    BalasHapus
  2. kata orang ikan teri itu proteinnya tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata orang kurang ilmiah ah, tapi memang beda kalo makan ikan teri sama ikan bandeng misalnya, apa beda nya ?? kalau ikan besar kan kita buang isinya , kalo ikan teri kita makan semua sm isi2nya toh ( termasuk eeknya).. hehehe ... jadi kt org protein tinggi ..kali hehe, kalo 1 ekor ikan teri sdh busuk jg ga ketahuan , makan aja ya bro..

      Hapus
  3. dikatakan "kata orang" sebab saya tidak pernah melakukan penelitian by my self.........kalo ikan terinya hanya satu ya ....sulit untuk diuraikan, tapi kalo banyak kan sama saja dengan daging ikan semuanya serba kecil kan sama saja dengan kupang, kerang, dll yg kecil2 tapi protein tinggi

    BalasHapus
  4. ya krn itu semua bagian ikan kita makan termasuk kepala , tulang dan isi2nya , coba kalo kita makan ikan kakap semua bag kita makan doyan ga ya?

    BalasHapus
  5. ya sudah........memangnya kalo teri yang kecil sekali itu kotorannya seberapa banyak sih?

    BalasHapus