Minggu, 03 Januari 2016

Warna Asli Wortel Ternyata Bukan Oranye

Warna Asli Wortel Ternyata Bukan Oranye

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Warna Asli Wortel Ternyata Bukan OranyeFoto: Thinkstock/Foodbeast

Oranye yang identik dengan warna wortel rupanya bukan warna alami. Warna tersebut sengaja ​diciptakan​ berdasarkan warna favorit keluarga kerajaan Belanda, dinasti Orange-Nassau.

Selama ribuan tahun wortel dikonsumsi manusia. Sayuran kaya betakaroten ini berasal dari Timur Tengah dan diperkenalkan ke Eropa pada abad pertengahan. Awalnya wortel bukan berwarna oranye melainkan putih dan ungu.

Warna oranye yang khas pada wortel pertama kali muncul sekitar abad ke-17. Warna ini bukanlah karakteristik alami wortel melainkan warna 'buatan' keluarga kerajaan Belanda, dinasti Orange-Nassau. Mereka menyukai warna oranye, khususnya William I yang dijuluki Prince of Orange.



Selama masa pemerintahan William, sebagian besar properti milik Protestan Belanda diambil oleh raja Katolik King Philip II dari Spanyol. Usai dua dekade masa penjajahan, mereka melakukan pemberontakan yang akhirnya sukses membuat William kembali memimpin. Masa ini dikenal dengan Eighty Years' War(1568-1648).

Untuk mendukung pemerintahan Orange-Nassau yang baru dan merayakan kebebasan Belanda dari belenggu Spanyol, wortel berwarna oranye sengaja dibiakkan. Wortel ini kemudian dibawa ke Inggris dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Lalu seperti apa perubahan dari warna asli wortel (ungu dan putih) menjadi oranye? Susunan foto wortel berikut menunjukkan spektrum warna oranye yang ternyata berada di antara warna ungu dan putih.



Meski identik berwarna oranye, saat ini wortel ungu dan putih kembali dibiakkan. Para foodies pun menjulukinya sebagai pusaka varietas sayuran
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar